Tuesday, June 26, 2018

BANYUWANGI SUNRISE OF JAVA


BANYUWANGI

Banyuwngi adalah kota di ujung paling timur dari pulau jawa .Banyuwangi adalah kota yang indah. selain itu banyuwangi juga memiliki ragam budaya yang menawan. Bayuwangi adalah kota yang asri masih banyak wisata yang menyuguhkan panorama alam yang indah .

Banyuwangi di juluki sebagai kota matahari terbit dari jawa atau sunrise of java. kearifan budaya lokal yang sangat memukau banyak membuat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke kota Banyuwangi.

Di banyuwangi terdapat satu suku yaitu suku osing mereka merupakan warga asli Banyuwangi, masyarakat banyuwangi masih memegang teguh kebudayaan dan adat istiadat dari nenek moyang mereka warga banyuwangi sangat ramah sehingga membuat wisatawan merasa nyam untuk berkunjung ke kota banyuwangi



SEBLANG OLEHSARI 


Tari seblang olehsari merupakan salah satu kebudayaan banyuwangi. Nama tari seblang olehsari  di ambil dari nama desa tersebut yaitu desa olehsari yang berada di kota banyuwangi.Dimana warga desa olehsari memiliki kebudayaan adat istiadat yang sangat kental dan unik.

Tarian tersebut adalah tarian adat yang biasanya di pentaskan pada hari hari tertentu saja. tarian seblang olehsari tersebut merupakan tarian ritual yang sangat sakral. dimana bukan sembarangan gadis atau wanita yang boleh menaikan tarian tersebut pada saat ritual adat. melainkan hanya gadis yang masih murni kegadisanya atau juga masih perawam.

Jadi tarian tersebut merupakan tarian yang sangat sakral dan unik sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan membuat mereka untuk datang berkunjung ke kota banyuwangi 


PECEL PITIK 

Pecel pitik merupakan salah satu makanan khas dari banyuwangi. pecel pitik merupakan makan makanan faforit baik dari warga lokal banyuwangi maupun wisatawan asing manca negara.pecel pitik di olah dari berbagai macam rempah rempah nusantara yang di racik oleh jurumasak sehingga memiliki citarasa yang khas yang dikenal sebagai makanan pecelpitik

pecel pitik di olah dari daging pitikatau ayam yang dimasak dengan rempah rempah dan ditambah parutan kelapa sehingga menambah kesan rasa yang gurih dari santan kelapa dan di tambah daun kemangi yang menambah aroma harum yang menyegarkan pada saat di makan
BATIK BANYUWANGI 
Banyuwangi memiliki kain tradisional khas yaitu batik gajaholing. Batik gajaholing merupakan salah satu kerajinan membatik dari banyuwangi  batik gajaholing memiliki mototif tunas tanaman pakis yang masih menggulung, sehingga menjadi ciri khas yang tidak ada duanya sehingga menjadikan cirikhas tersendiri dari kain batik gajaholing tersebut.

Batik gajaholing memiliki berbagai macam warna yang menjadi corak pada kain batik gajaholing tersebut.sehingga menambahkan kesan dan nilai seni tersendiri pada kain batik gajaholing tersebut. 

No comments:

Post a Comment